Minggu, 14 Februari 2010

Perdagangan Internasional

1. Gambaran Umum P.I. (Perdagangan Internasional)
Pada dasarnya tak ada satupun Negara di dunia ini yang mampu memenuhi kebutuhan internalnya masing-masing. Kebutuhan yang tidak dimiliki atau yang tidak mampu disediakan secara mandiri menempatkan suatu keadaan dimana diperlukan adanya pertukaran komoditi antar negara. Jadi bisa disimpulkan bahwa perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang kebutuhan & jasa dalam transaksi jual beli antar negara.

1.1. Pengertian dan Ruang Lingkup Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional adalah merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari dan menganalisis tentang transaksi & permasalahan ekspor-impor yang meliputi perdagangan & keuangan serta organisasi (swasta / pemerintah) & kerjasama ekonomi antar Negara.
Rung lingkup meliputi ;
1. Teori & Kebijaksanaan perdagangan internasional
2. Teori & Kebijaksanaan keuangan / moneter internasional
3. Organisasi & kerjasama ekonomi internasional
4. Perusahaan multinasional & bisnis internasional

1.2. Perdagangan antar Negara dan Ilmu Ekonomi Internasional
Adanya perdagangan internasional antar Negara secara tidak langsung menimbulkan ketergantungan antara Negara satu dengan yang lainnya. Dan untuk memenuhi kebutuhan akan barang & jasa, maka terjadilah pertukaran barang dan jasa yang dikenal dengan perdagangan internasional.
Keterkaitan okonomi di masing-masing Negara tentunya mempengaruhi kondisi-kondisi yang haru selaras sehingga tidak membuat kegiatan perdagangan internasional diatur oleh aturan dari salah satu Negara saja. Oleh karena itu, acuan ilmu ekonomi dan kebijaksanaannya pun perlu disepakati bersama.


1.3. Bidang dan Sifat Kegiatan P.I. Perusahaan Multinasional
Perusahaan Multinasional dapat diartikan sebagai jenis perusahaan yang memiliki jaringan distribusi dan kerjasama meliputi luar wilayah domestik perusahaan itu sendiri.
Perusahaan-perusahaan seperti inilah yang menjadi pelaku utama dalam kegiatan perdagangan internasional.

1.4. Masalah yang dibahas dalam Perdagangan Internasional
Faktor-faktor terjadinya perdagangan internasional antara lain ;
1. Sumber daya alam yang berbeda
2. Sumber daya manusia yang berbeda dalam tingkat kualitas dan kuantitas
3. Perbedaan faktor produksi
4. Perbedaan kemampuan produksi
5. Motif keuntungan dalam perdagangan
6. Kemampuan dalam persaingan antar perusahaan multinasional
Dari beragam faktor-faktor yang disebutkan diatas, akan timbul berbagai kendala dan karakter dalam kondisi perdagangan antar negara. Pada umumnya, pemecahan masalah senantiasa didapatkan dari kesepakatan antan perusahaan multinasional.

1.5. Hubungan Ilmu Ekonomi / Perdagangan International dengan Ilmu Ekonomi lain
Dalam melakukan analisis teori pedagangan internasional. Akan senantiasa digunakan beberapa asumsi dasar sebagai berikut;
1. Neocality of economy, dimana uang tidak berpengaruh atas harga relatif
2. Jumlah faktor produksi dari setiap Negara tetap
3. faktor produksi secara internasional tidak dapat berpindah
4. teknologi yang tersedia sama
5. Taste & Income Distribution dianggap sesuatu yang given dan tidak berubah
6. Tidak terdapat hambatan perdagangan / Trade Barrier dalam bentuk biaya transport, informasi, & komunikasi
7. adanya Full Employment faktor produksi & tidak terjadi excess supplies / shortage of commodities
Setiap asumsi yang telah disebutkan diatas, diambil dari asumsi-asumsi ilmu ekonomi perdagangan internasional dan ilmu ekonomi lainnya yang terkait dalam pengambilan kebijaksanaan di kegiatan perdagangan internasional.
Dalam era globalisasi & perdagangan bebas, manusia dengan ide, bakat, iptek, barang & jasa yang dihasilkannya dapat dengan mudah melewat batas Negara yang mana pergerakan relatif bebas ini, telah menimbulkan saling keterkaitan & ketergantungan maka menyebabkan hamper semua kehidupan dalam suatu Negara terpengaruh oleh ekonomi internasional. Dengan kata lain, perdagangan bebas saat ini dapat dikatakan tak ada lagi Negara yang autharcy yaitu negara yang hidup terisolasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar