Kamis, 11 Maret 2010

tentang rantai pasokan

 Keputusan Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan

Sebelumnya kita perlu mengetahui definisi dari logistik itu sendiri. Logistik merupakan istilah yang dipinjam dari dunia militer yang menjelaskan suatu proses secara strategik mengelola aliran efisien dan penyimpanan sejumlah bahan mentah, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi dari titik asal sampai ke titik konsumsi.
Sedangkan rantai pasokan (supplies chain) merupakan rantai hubungan dari semua kesatuan bisnis, baik internal maupun eksternal ke perusahaan, yang melaksanakan atau mendukung fungsi logistik.

Jadi, manajemen rantai pasokan adalah sistem manajemen yang mengkoordinasikan dan mengintegrasi dengan jumlah rantai pasokan dari sumber pada titik konsumsi yang terkait dengan peningkatan pelanggan dan nilai ekonomi.
Sedangkan keputusan logistik adalah keputusan yang ditentukan dengan menyeimbangkan aspek-aspek pada manajemen rantai pasokan.

 Menyeimbangkan Pelayanan Logistik dan Biaya

Pelayanan logistik adalah aktivitas yang saling berkaitan yang dilakukan oleh anggota saluran pasokan untuk memastikan bahwa produk yang tepat ditempatkan pada tempat dan waktu yang tepat.
Pelanggan jarang tertarik dengan aktivitas logistik itu sendiri; melainkan mereka tertarik dengan hasil atau manfaat yang mereka terima dari aktivitas ini - misalnya, efisiensi distribusi. Pada tingkat paling dasar, pelanggan menuntut ketersediaan, ketepatan, dan kualitas. Secara khusus, pelanggan mengharapkan ketersediaan produk pada waktu yang diinginkan, dan barang tidak rusak ketika akhirnya tiba.
Biasanya, dalam tujuan memenuhi kepuasan pelanggan, dibutuhkan biaya-biaya selain biaya yang timbul karena faktor-faktor saluran pasokan. Seorang manajer logistik harus bisa memperkirakan hubungan antar biaya yang terjadi untuk menghindari peningkatan biaya yang akhirnya memberikan masalah baru dalam pasokan.
Idealnya, manajer logistik akan mengoptimalkan kinerja logistik secara keseluruhan sehingga biaya logistik secara keseluruhan menjadi minimal sementara tingkat pelayanan rantai pasokan yang diinginkan tetap terpelihara dan terjaga dengan baik.


 Fungsi - fungsi Terintegrasi dari Rantai Pasokan

Rantai pasokan logistik terdiri dari beberapa fungsi yang saling berkaitan dan terintegrasi;
1. memperoleh perlengkapan dan bahan baku
2. menjadwalkan produksi
3. memproses pesanan
4. mengelola persediaan bahan baku dan barang jadi
5. pergudangan dan penanganan bahan baku
6. memilih jenis transportasi


Mengintegrasikan dan menghubungkan semua fungsi ini disebut Sistem Informasi Logistik. Aktivitas SIL ini dilakukan oleh sebuah tim dalam perusahaan yang biasa disebut tim rantai pasokan. Mereka adalah kumpulan dari seluruh kelompok individu yang mengorganisasikan perpindahan barang, jasa, dan informasi dari sumber kepada konsumen.
Tim ini khusunya menghilangkan batasan-batasan lintas organisasional, merangkul semua pihak yang berpartisipasi memindahkan produk ke pasar. Tim rantai pasokan yang terbaik juga bergerak melebihi organisasi untuk melibatkan partisipasi eksternal dalam rantai, seperti pemasok, perusahaan transortasi, dan pemasok logistik pihak ketiga. Para anggota dari rantai pasokan mengkomunikasikan, mengkoordinasikan, dan bekerja sama secara ekstensif.

 Trend dalam Logistik

Beberapa kemajuan teknologi dan trend bisnis mempengaruhi industri logistik dewasa ini. Tiga trend yang paling menonjol adalah meningkatnya otomasi, fungsi logistik yang mencari sumber dari luar (outsourcing), dan distribusi elektronik.
Teknologi komputer telah memicu efisiensi logistik secara dramatis. Ditambah salah satu tujuan utama otomasi adalah membawa informasi terbaru ke meja manajer logistik. Pertukaran informasi yang begitu cepat yang dibawa otomasi ke dalam proses distribusi membantu setiap mitra rantai pasokan menjadi lebih efektif.
Hubungan antara pemasok, pembeli, perusahaan pengangkutan membuka peluang untuk pengambilan keputusan bersama. Karena semakin banyak perusahaan yang bersaing dalam pasar global, informasi yang tepat waktu bahkan menjadi lebih penting.
Mitra eksternal menjadi hal yang penting dalam penyebaran manajemen rantai pasokan yang efisien. Outsourcing atau contract logistics merupakan segmen yang cepat pertumbuhannya dalam industri distribusi dimana suatu pabrikan atau pemasok memberikan seluruh fungsi pembelian dan pengelolaan transportasi atau fungsi lain dari rantai pasokan, seperti pergudangan, ke pihak ketiga yang independent.
Banyak pabrikan beralih ke mitra luar untuk keahlian logistik mereka dalam upaya untuk memfokuskan pada kompetensi inti yang mereka lakukan terbaik. Mitra menciptakan dan mengelola seluruh solusi untuk mendapatkan produk dimana mereka akan dibutuhkan, saat itu dibutuhkan disana.biasanya ini dilakukan untuk mengejar kepuasan dan peningkatan nilai pelanggan.
Distribusi elektronik merupakan pengembangan terbaru di dalam arena logistik. Didefinisikan secara lebih luas, distribusi elekronik meliputi setiap jenis bentuk produk atau jasa yang dapat didistribusikan secara elektronik, apakah dalam bentuk tradisonal, seperti kabel fiber-optic atau melalui transmisi satelit dari sinyal elektronik.
Metode distribusi elektronik akan merevolusi distribusi secara fisik seperti yang kita ketahui dewasa ini, untuk setiap produk yang dapat dikirimkan secara elektronik, meliputi koran, buku, majalah, dan hiburan audio serta video.

 Keputusan Saluran dan Distribusi bagi Pasar Global

Dunia sesungguhnya telah menjadi tempat yang lebih ramah bagi para pemasar. Hanya saja para eksekutif harus mengenali aspek budaya, ekonomi, kelembagaan, dan legalitas dari setiap pasar sebelum mencoba mendesain saluran pemasaran di Negara asing karena jenis saluran yang tersedia disetiap Negara pun berbeda-beda.
DAFTAR PUSTAKA

• Lamb, Hair McDaniel, Thomson *learning, penerbit : Salemba Empat
• “pemasaran dan distribusi”Wikipedia.com
• Google.co.id
• “pasar global” Blogspot.com

1 komentar:

  1. peluang pinjaman yang ditawarkan oleh mr, pedro yang menyelamatkan keluarga saya dari belenggu keuangan halo semuanya, saya putri adiratnaa single mom dari jakarta, saya ingin membagikan kesaksian hebat ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari mr, pedro, ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi, setelah ditipu oleh berbagai perusahaan online dan menolak pinjaman dari bank saya dan beberapa serikat kredit lain yang saya kunjungi. anak-anak saya diasuh oleh anak asuh, saya sendirian di jalan. hari aku dengan malu-malu bertemu dengan teman sekolah lama yang memperkenalkanku pada daisy maureen. pada awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap untuk mengambil risiko meminta pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya akan menerima pinjaman saya dari mereka. setelah dipikir-pikir, karena tunawisma saya, saya harus mengambil percobaan dan mengajukan pinjaman, untungnya bagi saya, saya menerima pinjaman $80.000,00 dari mr, pedro. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. anak-anak saya telah diberikan kembali kepada saya dan sekarang saya memiliki rumah dan bisnis saya sendiri. semua terima kasih dan rasa terima kasih pergi ke bantuan mr, pedro untuk memberi saya arti hidup ketika saya telah kehilangan semua harapan. jika Anda sedang mencari bantuan pinjaman, Anda dapat menghubungi mereka melalui: { pedroloanss@gmail.com whatsapp+1 863 231 0632 } telegram @ pedroloanss

    BalasHapus